Selasa, 12 Juli 2011

Designing Knowledge Management Team

sejujurnya saya katakan, mata kuliah ini se abstrak judulnya bagi saya..
tapi marilah memahami, tidak ada yang tidak mungkin bila kita bersama hhaha (norak)

jadi gini lho, mata kuliahnya namanya knowledge management
ini tuh membahas tentang bagaimana kita mengelola informasi yang ada pada perusahaan sehingga performa perusahaan dapat meningkat. Kalau di perusahaan itu kan ada ata yang rahasia, ada data yang semua staf boleh tahu, ada yang seharusnya didistribusikan sebaik mungkin, dan macem macem lah.. nah di knowman ini (singkatan dari Knowledge Management) kita belajar bagaimana cara perusahaan mengelola informasi dalam setiap langkah yang dilakukan agar dari pengelolaan itu tuh memberikan impact yang baik bagi performa perusahaan..

nah tadi kuliahnya tentang mendesign KM team..
menurut aku sih kaya tim2 biasa yang ada di perusahaan,, ga tahu nih namanya pake KM2an segala

yang bersangkutan dalam pembuatan KM team ini nggak cuma pihak internal perusahaan aja.. tapi bukalah mata kita, dunia ini begitu kompleks, ternyata kita juga perlu memperhatikan yang namanya end user, frontline staff, trus misalnya vendor eksternal, kontraktor, partner, konsultan... jadii apa ya perbedaan antara KM team sama project team?

Nah dimensi paling penting yang perlu diperhatika dalam pembuatan KM team adalah people, ...... iya dong, yang namanya tim pasti ya isinya orang. Nah tapi kan kita ini mandangnya dari sudut pandang knowledge kan, jadi ceritanya orang itu bisa dibedakan jadi knowledge leader, knowledge initiative managers, knowledge foot soldier, etc..

Nah tim itu ada yang dibuat hanya untuk sementara dan ada yang permanen, kalo yang termasuk temporary itu business restructuring project sama technology introduction project, kalo yang permanen itu yang disebut KM team. (kayaknya si gitu....),, 
dalam suatu KM team itu minimal harus ada:
1. knowledge champion / senior manager
2. IT staff
3. user delegates representing core business area

Nah sistem itu kadang2 udah dibikin canggih banget, sehingga kaya udah nggak perlu maintenance lagi, kaya sipadu itu lho, saking familiarnya dia kayak udah jadi 1 sama oraganisasi,,,, tapiiii.... sebenernya sistem itu masih harus terus dikelola terus

user itu bisa berinteraksi dengan KM team melalui prototype....
prototype ituuu bagian dari sitem, nggak lengkap sih, tujuannya cuman biar user bisa nyoba make, trus ditanya si user,,,, "gimana pak? sistem saya kurang apa?' gitu,, otomatis kan usernya jadi komentar macem2 kan,, dari komentar2 ittu nanti dikumpulin buat memperbaiki sistem lagi
nah selain pake prototype, bisa juga pake survey, kuesioner, interview atau fokus grup

ini saya ajarin istilah baru ya,
CKO = Chief Knowledge Officer
CIO = Chief Information Officer

aduuh udah boseeennn....

Tiga area Knowledge fokus :
1. Menyiapkan organisasi
2. Managing knowledge assets
3. Leveraing knowledge

udah ahhhhhhhhh,, udah malemmm ikan bobooo

1 komentar:

oryzabitha mengatakan...

iki opo to jane karepe?! haha ^^

Posting Komentar

 
Free Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design